Musik terapi

Musik terapi adalah bentuk terapi yang mengarah pada physical, emotional, cognitive dan social. Musik terapi dapat diterapkan pada semua orang, baik dalam keadaan menderita penyakit tertentu maupun dalam keadaan sehat.

Musik terapi merupakan proses dimana seorang terapis menggunakan musik dalam membantu klien yang memiliki masalah secara facet-physical, emotional, mental, social, aesthetic and spiritual. Yang terutama adalah bagaimana seorang terapis menggunakan alat musik dan memilih jenis Musik yang sesuai untuk mencapai hasil akhir yang tepat bagi kliennya.

Terdapat dua jenis Musik Terapi:

  1. Creative- Musik terapi diterapkan dengan melibatkan klien secara langsung untuk ikut aktif dalam sebuah sesi terapi, seperti bernyanyi, drama, membaca puisi, melukis maupun menari (gerak tubuh).
b. Receptive- terapi pasif dengan mendengarkan musik. Terapi ini menekankan pada physical, emotional intellectual, aesthetic or spiritual dari musik itu sendiri sehingga klien akan merasakan ketenangan/relaksasi. Musik yang digunakan dapat bermacam jenis dan style tergantung dengan kondisi yang dihadapi klien.

Komentar

Postingan Populer